BELAJAR BERBAGI

Senin, 02 Januari 2012

SOFTWARE ULANGAN

Wondershare Quiz Creator, merupakan salah satu software untuk membuat ulangan/ujian dengan cepat dan mudah. Dengan software ini, seorang guru tidak lagi disibukkan dengan fotocopy kertas ujian. Jika kapasitas lab. Komputer memadai, ulangan dapat diselenggarakan di lab komputer. Guru tinggal memasukkan file ulangan ke masing-masing komputer (melalui server) dan setelah siswa mengerjakan ulangan hasilnya langsung dapat diketahui.
 Langkah pertama penggunaan software ini adalah instalasi, jika sudah berhasil akan muncul tampilan sebagai berikut:
 Untuk memulai pembuatan soal, klik “create new quiz”, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
 “Klik quiz properties” untuk mengatur asesoris quiz seperti nama pengarang, kalimat komentar jika jawaban siswa salah, komentar jika jawaban siswa benar, penetapan KKM, kalimat komentar jika nilai total ulangan siswa di atas KKM, kalimat komentar jika nilai total ulangan siswa di bawah KKM, tautan musik dan video dan sebagainya.

Jenis ulangan dapat dipilih secara variatif dari pilihan ganda, mencocokkan, benar salah dan sebagainya. Tab yang atas merupakan menu atau feature yang bisa digunakan untuk melengkapi tampilan soal, yang paling bawah adalah komentar jika jawaban siswa salah atau benar. sebagai contoh, soal nomor satu menggunakan pilihan ganda maka tampilannya seperti ini:
 Setelah semua soal selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menyimpan master soal supaya bisa diedit dikemudian hari filenya berupa “WQC” dan produk soal bisa dipilih sesuai selera. 
 Yang paling simple bisa diplih “CD/EXE”hasilnya nanti akan berupa file “FLASH”. Seperti contoh di bawah ini, berupa 10 soal total skor 100 KKM 75 :
 Jika siswa menjawab benar :

Jika siswa menjawab salah 
 
Nilai total yang diperoleh siswa setelah mengerjakan soal :
coba software :




contoh jadi :







2 komentar: